Profil SMK Muhammadiyah 1 Lamongan

SMK Muhammadiyah 1 Lamongan merupakan unit SMK yang tertua di Kabupaten Lamongan yang telah mendapatkan peringkat A (Unggul) untuk akreditasi di semua Program Keahlian. SMK Muhammadiyah 1 Lamongan juga merupakan salah satu SMK yang dipercaya sebagai oleh pemerintah menjadi salah satu SMK Pusat Keunggulan (SMKK-PK)

Visi : “Terwujudnya lulusan yang Kompeten, Cerdas dan Berakhlak Mulia di Tahun 2027

Misi :

  1. Menciptakan kehidupan sekolah yang berbudaya religius dan bermartabat
  2. Mengembangkan kultur sekolah yang menjaga keamanan fisik, psikologis, sosial yang sehat, dinamis, dan kompetitif.
  3. Memenuhi Standar Kompetensi Lulusan sesuai standar nasional serta memenuhi kebutuhan hidup pada konteks global.
  4. Mengembangkan pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan untuk mengembangkan potensi peserta didik secara optimal
  5. Menerapkan manajemen perubahan sebagai strategi percepatan pembaharuan sekolah.
  6. Meningkatkan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan melalui peningkatan keprofesian berkelanjutan.
  7. Memenuhi standar sarana dan prasarana secara bertahap dan terukur.
  8. Memberdayakan teknologi informasi dan komunikasi sebagai pendukung keunggulan pembelajaran.
  9. Mewujudkan upaya pelestarian fungsi lingkungan hidup di sekolah yang bersih, nyaman, aman, asri, hijau, indah serta bebas rokok

Tujuan :

  1. Meningkatkan partisipan siswa dalam sholat Dhuha dan Sholat Dzuhur Berjamaah sebesar 80%.
  2. Meningkatkan peran peserta didik dan lulusan yang memiliki capaian minimal 1 kali kegiatan dengan tema kepedulian dan kepekaan terhadap lingkungan hidup dan tantangannya melalui P5.
  3. Meningkatkan mutu pendidik dengan minimal memiliki 32 point kinerja PMM dalam pengembangan diri.
  4. Menghasilkan lulusan yang mampu terserap dunia industri, wirausaha atau melanjutkan ke perguruan tinggi sebesar 90% jumlah lulusan.
  5. Meningkatkan ketercapaian sebesar 100% di fase E dan 95% di Fase F tingkat XI.
  6. Meningkatkan peran peserta didik dalam Teaching Factory sebesar 20% masing-masing kosentrasi keahlian.
  7. Meningkatkan peran peserta didik dalam melakukan berbagai kegiatan sosial minimal 1 kali dalam 1 tahun.
  8. Pemenuhan sarana IT sebesar 80% untuk perangakat digital di kelas.
  9. Peningkatan penghijauan di lingkungan sekolah sebesar 10%.